Tips Menentukan Hotel yang Pas untuk Liburan

Sumber Gambar: Pinterest

Hotel, memang bukan hal yang paling utama diperhatikan saat seseorang ingin pergi berlibur. Akan tetapi, liburan juga tidak akan terasa lengkap bila belum menemukan tempat menginap yang satu ini. Salah-salah dalam memilih hotel bisa membuat acara liburan menjadi berantakan.

Oleh karena itu, seseorang perlu mengetahui beberapa hal penting sebelum menjatuhkan pilihan pada suatu hotel yang akan ditempatinya. Lalu, apa saja hal penting itu? Berikut adalah tips menentukan hotel yang pas untuk liburan menurut Mahasiswa Jurusan Hotel Management, STP Sahid Jakarta, Johan Barmen Pelondou.

Lokasi

Dilansir dari Kompas.com, hasil survei yang dilakukan oleh Market Metrix menunjukkan, sebanyak 30,2% responden memilih “lokasi” hotel sebagai pilihan utamanya saat memilih sebuah hotel. Mengapa?

“Lokasi yang mudah dijangkau dapat memudahkan kita untuk berpergian ke tempat lain. Seperti contohnya hotel yang dekat dari bandara, pusat perbelanjaan atau tempat rekreasi lebih banyak diminati karena lokasinya yang strategis,” jelas Johan. Jadi, pilihlah lokasi hotel yang strategis agar mudah menjangkau area atau tempat wisata yang ingin kamu kunjungi selama liburan, ya!

Harga

Di posisi kedua ada harga. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Market Metrix dalam Kompas.com, sebanyak 15,7% responden memilih “harga” sebagai alasan mereka saat memilih hotel.

Tak sedikit dari orang-orang yang pergi berlibur ingin mencari harga penginapan hotel yang murah. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir pengeluaran selama liburan. Akan tetapi, harga tentunya akan menentukan kualitas, bukan?

“Jika kita ingin mencari hotel berkualitas yang baik berarti harus mempersiapkan uang yang lebih lagi. Kalau hanya memiliki budget yang sedikit berarti kita hanya bisa mendapatkan hotel yang kualitasnya sesuai dengan harga tersebut,” ujar Johan.

Namun, mengenai harga kembali lagi pada “isi dompet” yang kita punya. Pesanlah hotel sesuai kebutuhan yang diperlukan dan jangan sampai terlalu memaksakan kehendak. Bila ingin mengetahui kualitas suatu hotel, kamu bisa melihat ulasan-ulasan yang ada di internet atau menggunakan aplikasi TripAdvisor.

Fasilitas

Johan juga menjelaskan mengenai fasilitas yang harus diperoleh saat memesan suatu hotel berdasarkan tujuan yang diinginkan. Misalnya, kalau tujuan utamanya berlibur, maka kita harus memilih hotel yang menyediakan fasilitas seperti paket tour atau rekreasi. Sebaliknya, kalau tujuan utamanya untuk perjalanan bisnis, maka kita harus memilih hotel yang menyediakan fasilitas meeting room dan sejenisnya.

Tulisan ini sudah pernah dimuat di CNNIndonesia.com

Comments