Segudang Manfaat Bila Mengonsumsi Yogurt

Sumber Gambar: yunitawrites.blogspot.co.id
Contoh varian smoothies yang berbahan dasar yogurt.

Tak hanya dikonsumsi sebagai meal replacement, banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari yogurt. Ternyata, kudapan sehat yang ditemukan 5000 tahun sebelum masehi itu memberi segudang manfaat bagi tubuh manusia baik dari dalam maupun luar.

Menurut ahli nutrisi Emilia Achmadi, yogurt memiliki khasiat untuk peremajaan kulit. Kandungan kalsium dan protein yang ada di dalam yogurt adalah modal utama untuk kolagen. Selain itu, ada pun kandungan asam laktat yang bermanfaat dalam menstimulasi eksfoliasi kulit.

“Caranya, ulaskan yogurt ke muka selama 5-10 menit. Kemudian massage wajah pelan-pelan dan bilas wajah setelahnya. Saya jamin kulit sehabis memakai yogurt seperti bokong bayi (halus), shiny, tidak perlu pakai foundation,” ujar Emilia dalam peluncuran Yogurt Greenfields di Jakarta, Kamis (7/12).

Kandungan yogurt lainnya adalah serat. Menurut Emilia, kandungan serat yang ada di dalam yogurt dapat membantu kontrol produksi insulin. Oleh karena itu, yogurt dapat membantu mencegah munculnya penyakit diabetes tipe dua.

Yogurt juga mengandung kultur aktif probiotik yang dapat mencegah terjadinya keracunan heavy metal akibat polusi udara. “Probiotik dari yogurt bisa sukses memproteksi anak-anak dan wanita hamil dari metal berbahaya. Terutama yang tinggal di ibu kota, seperti Jakarta,” kata Emilia.

Emilia pun memberikan tips untuk memilih yogurt yang “the real one”. Ia mengatakan, cara mengetahui yogurt yang kandungannya tepat ialah dengan melihat food label yang ada di kemasan yogurt. Kandungan protein, serat, dan kalsium harus tinggi, sedangkan kandungan fat dan gula harus rendah.

Menurut Darmanto Setyawan, Head of Dairy Manufacturing – SEA, PT. Greenfields Indonesia, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas yogurt, seperti kualitas susu, milk treatment, dan kultur bakteri yang digunakan. “Greenfields Yogurt mengontrol semua proses itu sehingga kami yakin bahwa yogurt kami adalah kualitas yogurt yang baik.”

Comments